Senin, 16 Desember 2019

Berbahayakah Menindik Lidah

Memasang asesoris pada lidah sepertinya keren dan menjadi trend tersendiri dikalangan para seniman ataupun anak muda. Memasang asesoris pada lidah juga merupakan kebanggan tersendiri bagi beberapa orang karena tidak semua memiliki nyali dan keberanian melakukannya.



Sebenarnya tidak mudah memasangkan asesoris pada lidah, karena terlebih dahulu lidah harus ditindik. Berbahayakah menindik lidah?

Resiko gangguan kesehatan
Untuk mengetahui berbahayakah mendidik lidah atau tidak, kenali dengan baik berbagai macam resiko ataupun gangguan kesehatan yang disebabkan mendidik lidah sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

Infeksi. Terjadinya luka pada permukaan organ pastinya rentan menyebabkan infeksi. Jangankan lidah, permukaan kulit yang berdarah karena terjatuh juga rawan menyebabkan infeksi, apalagi melubangi organ tubuh hingga tembus. Infeksi ini disebabkan karena aktifitas virus ataupun bakteri yang menyerang luka terbuka.

Inflamasi. Infeksi yang menyerang luka terbuka akibatnya dapat menimbulkan peradangan ataupun inflamasi. Inflamasi pada luka terbuka ini pada akhirnya akan memicu pembengkakan pada lidah dan diikuti dengan rasa nyeri.

Gangguan pernapasan. Infeksi, pembengkakan dan inflamasi yang diikuti dengan rasa nyeri dan dibiarkan tanpa penanganan lebih lanjut, akan memperbesar resiko terjadinya serangan Angina Ludwig. Angina Ludwig adalah infeksi akut yang disebabkan oleh kuman Streptokokus. Kuman ini menginfeksi lapisan dalam pada dasar mulut serta berpotensi menutup saluran nafas.

Keracunan darah. Terbawanya bakteri, virus ataupun jamur pada aliran darah akan memperbesar resiko terjadinya keracunan darah yang dapat menyebabkan gangguan sangat serius pada kesehatan. Terjadinya endokarditis atau disebut juga infeksi berat pada endokardium yang merupakan lapisan dalam jantung merupakan salah satu contoh keracunan darah. Endokarditis dapat mengakibatkan kerusakan pada katup jantung.

Kerusakan syaraf. Menurut hasil penelitian yang pernah dipublikasikan, menindik lidah juga berpotensi menyebabkan terjadinya kerusakan syaraf secara permanen, sehingga akan menurunkan sensitifitas lidah sebagai indera pengecap. Pada keadaan yang parah, kerusakan syaraf ini bisa saja menyebar hingga menginfeksi sistem reseptor syaraf pada otak akibat terbawa sistem peredaran darah.

Jadi, berbahayakah mendidik lidah atau tidak? Berdasarkan berbagai macam resiko gangguan kesehatan yang disebabkan mendidik lidah di atas, sepertinya menindik lidah justru berpotensi membahayakan kesehatan, apalagi jika dilakukan sembarangan oleh mereka yang tidak memiliki pengalaman. Semoga bermanfaat.

0 komentar:

Posting Komentar